Goes To Community 2020

Blokagung- Seperti diketahui bahwa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa merupakan lembaga khusus yang menangani bidang kebahasaan di Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA). Bahasa yang dikembangkan adalah bahasa Inggris dan bahasa arab. Selain itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa IAIDA memiliki program pengabdian kepada masyarakat yang dinamakan UPT Bahasa goes to community . Selain itu, UPT Bahasa juga mempunyai tutor yang bertugas untuk menyampaikan materi kepada mahasiswa dan peserta kegiatan. Program tersebut dimaksudkan untuk meng-upgrade kemampuan tutor dalam mengajar dan memperluas jaringan UPT Bahasa diluar kampus. Kegiatan tersebut dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi Inggris dan sesi Arab. Pada pelaksanaannya, UPT Bahasa goes to community melibatkan peserta untuk mengenal dan mengaplikasikan bahasa Inggris atau bahasa Arab dalam satu  hari penuh.

Sasaran pertama dari UPT Bahasa goes to community adalah anak-anak dan dewasa yang bernaung dalam sebuah komunitas, seperti sekolahan, karang taruna, dan organisasi. Peserta akan mendapatkan materi kebahasaan sesuai dengan level kebutuhan mereka terhadap bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu, (20/12/2020) yang bertempat di Pondok Pesantren Darussalam kanak-kanak Bayur, Barurejo, Siliragung, Banyuwangi. Acara dimulia dengan introductions (perkenalan) yang dilanjutkan dengan pembagian kelas. Kegiatan tersebut disambut meriah oleh santri-santri yang mondok dikarenakan dapat menambah wawasan kebahasaan mereka. Kemudian acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama pengasuh KH. Ahmad Mubasyir Syafa'at, S.Pd.

Program goes to community juga merupakan wadah sosialisasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa IAIDA. Dengan adanya program tersebut, diharapkan banyak komunitas-komunitas yang dapat dijamah secara langsung oleh UPT Bahasa IAIDA. (abd)

Share:

Popular Posts

Total Pengunjung