Tes Bahasa Mahasiswa Fak. Tarbiyah & Keguruan

Blokagung - Sabtu (20/11) Unit Pelaksana Teknis Pusat Pengembangan Bahasa di Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi mengadakan tes bahasa Inggris atau Darussalam English Proficiency Test (DEPT), sementara tes bahasa Arab atau Darussalam Arabic Proficiency Test (DAPT) diadakan Ahad (21/11).

Tes tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai syarat wajib mengikuti program skripsi bagi semester akhir. Adapun tes bahasa Inggris/DEPT diikuti oleh mahasiswa prodi Tadris Bahasa Inggris dan sebagian mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI), sedangkan tes bahasa arab/DAPT diikuti oleh mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan juga sebagian mahasiswa MPI sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Tes yang diadakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa IAIDA tersebut juga sebagai wujud menerapkan tes toefl dan toafl preparation kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruuan IAIDA. Koordinator Pusat Pengembangan Bahasa bidang IT Abdul Basith, M.Pd. mengatakan "teknik pelaksanaan tes DEPT cukup kondusif. Hanya saja ada beberapa kendala yang harus dibenahi, yaitu  kondisi ruang tes yang kurang begitu mendukung akan kegiatan kebahasaan, dan juga terdapat sebagian mahasiswa yang mengikuti tes tersebut, menggunakan laptop dengan speak rendah sehingga sangat lambat sehingga menghambat lancarnya tes bahasa tersebut", tutur beliau disela-sela mengawasi tes tersebut.
Selain itu juga, Koordinator bahasa Arab Nur Maya Badriatul Jamroh, M.Pd. menambahkan "Jika memungkinkan, alangkah baiknya sebelum pelaksanaan tes bahasa, juga diadakan tes simulasi untuk menjawab 140 butir soal dengan memakai laptop mereka, guna mengantisipasi kendala yang ada", tutur beliau. Walaupun masih adanya beberapa kendala teknis, akan tetapi kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan  kantor pusat IAIDA itu, didukung sepenuhnya oleh jajaran rektorat maupun senat. Tes tersebut diikuti sekitar 160-an mahasiswa yang terbagi dalam tiga gelombang pada setiap programnya (bahasa Arab & Inggris). 

Direktur Pusat Pengembangan Bahasa Dewi Khawa, M.Pd. merasa sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, baik dari pihak Fak. Tarbiyah & Keguruan maupun seluruh jajaran Pusat Pengembangan Bahasa atas kerjasamanya. Beliau juga berharap agar kegiatan tes bahasa DEPT & DAPT dapat memberi kontribusi khususnya dalam bidang pengembangan potensi mahasiswa di bidang kebahasaan. (abd)
Share:

Popular Posts

Total Pengunjung