PPL Mahasiswa TBIG IAIDA Blokagung di UPT Bahasa

Blokagung - Pada Rabu (06/10) hingga Sabtu (06/11) Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris (TBIG) IAIDA Blokagung menitipkan tiga mahasiswa mereka untuk melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di UPT Pusat Pengembangan Bahasa . Mahasiswa yang mengikuti program tersebut merupakan mereka yang sudah duduk di semester tujuh dan berdomisili di pondok putri Darussalam Blokagung. Mereka terdiri dari Kunti Mahbubah, Mimi Rosyidah, dan Mawahdatu Fitriyani yang kesemuanya mahasiswa semester tujuh.

Selama masa Program PPL tersebut, para praktikan mengajar di kelas intensif bahasa yang materinya disesuaikan dengan kurikulum dan silabus yang ada di UPT Pusat Pengembangan Bahasa (P2B). Selain mengajar, para praktikan juga menyambi pembuatan modul bahasa Inggris  yang materinya difokuskan pada speaking skill dengan materi caster ceremony (mc), speech, telling story, sing a song, dan juga debate

Pada saat penutupan, Dewi Khawa, M.Pd. selaku direktur UPT Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) merasa sangat berkesan dengan kehadiran mahasiswa praktikan tersebut, dan beliau juga berharap agar tahun depan kerjasama yang baik ini tetap terus eksis. "Saya pada saat melaksanakan program PPl di P2B ini, menemukan banyak ilmu dan pengalaman yang membuatnya semakin mencintai dunia pendidikan" tutur Yani salah satu praktikan. 
Dia juga merasa telah menemukan referensi baru sebagai calon lulusan prodi Tadris Bahasa Inggris (TBIG), yakni bagi lulusan Tadris Bahasa Inggris (TBIG) tidak melulu menjadi seorang guru tapi juga berpotensi menjadi seorang penerjemah, enterpreneur, pembuat bahan ajar, serta peneliti yang handal. Pada penutupan PPL, Minggu (07/11) para praktikan program PPL memberikan cinderamata berupa buku modul karya mereka kepada UPT Pusat Pengembangan Bahasa yang diwakili oleh Direktur UPT Bahasa IAIDA. 

Wafi Bahrul Ilmi, S.Pd. selaku perwakilan dari kepala program studi (prodi) TBIG, Dr. Zulfi Zumala Dwi Andriani, MA. yang berhalangan hadir menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak UPT Pusat Pengembangan Bahasa atas bimbingan kepada praktikan dan serta kerja sama yang baik selama berada di Unit Bahasa tersebut. Beliau juga berjanji bahwa program PPL di UPT Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) akan berlangsung secara kontinyu karena dinilai sangat efektif. (abd)
Share:

Popular Posts

Total Pengunjung