Pelatihan DEPT dan DAPT Fak. Tarbiyah & Keguruan IAIDA

Blokagung - Senin (15/11) UPT Pusat Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Darissalam (IAIDA) mengadakan pelatihan tes bahasa bagi mahasiswa semester akhir, tes DEPT (Darussalam English Proficiency Test) bagi mahasiswa prodi Tadris Bahasa Inggris, sedangkan DAPT (Darussalam Arabic Proficiency Test) bagi mahasiswa Tadris Bahasa Arab. Sedangkan bagi mahasiswa program studi (prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) bisa memilih salah satu tes tersebut. Pelatihan di hari pertama diisi oleh Dewi Khawa, M.Pd. dengan materi Listening dan Reading, sedangkan pelatihan tes bahasa Arab diampu oleh Abdul Basith, M.Pd. dengan materi Tarokib dimulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB .

Dalam pelatihan ini, mahasiswa FTK dibagi menjadi dua gelombang, mengingat keterbatasan ruangan yang tersedia. Untuk gelombang pertama dilaksanakan Senin (15/11) hingga Selasa (16/11) bagi mahasiswa putri. Sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan Rabu (17/11) hingga Kamis (18/11) bagi mahasiswa putra.

Pelatihan yang sedianya dilakukan di aula Al Haromain lantai 2 dan ruang pertemuan IAIDA berjalan kondusif. Program ini juga didampingi oleh Maya Badriatul Jumroh, M.Pd. sebagai koordinator bahasa Arab pada  UPT Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) IAIDA, "Mahasiswa sangat antusias sekali dengan pelatihan ini, mengingat ini adalah pertama kali di kampus IAIDA" ucap orang yang akrab dipanggil bu Maya itu.

Puncak dari pelatihan tes bahasa ini adalah diperbolehkannya mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) untuk mengikuti program skripsi karena menjadi syarat wajib selain sertifikat Intensif Bahasa yang sudah diadakan pada awal semester. (abd)
Share:

Popular Posts

Total Pengunjung