Pondok Ramadhan Bertajuk Arabic GTC

 

Kalisetail - Pihak Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa (UPT P2B) melaksanakan program Pondok Ramadhan di pesantren Raudhatutthalabah yang dibuka pada hari Senin (11/04/2021).

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh 70 siswa-siswi SMP dan SMA Darussyafaah yang masih satu yayasan dengan pondok pesantren Raudhatutthalabah.

Berbeda dengan Pondok Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan kali ini bertajuk Arabic Goes To Community yang didampingi langsung oleh 6 tutor dari asrama Darul Lughoh Al-Arobiyah Pesantren Darussalam Blokagung yang konsisten belajar dan mendalami Bahasa Arab.

Para tutor tersebut diberi mandat oleh pihak UPT P2B, dan selanjutnya diberi arahan langsung oleh Ibu Nur Maya Badriatul Jamroh, M.Pd. yang merupakan penanggung jawab acara ini sekaligus Kordinator Bahasa Arab di UPT P2B.

Kegiatan ini berfokus pada maharah kalam untuk mengasah skill public speaking peserta dengan estimasi waktu pengajaran selama 4 jam mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Sistem pembelajaran pada kegiatan ini adalah dengan membentuk halaqah, per halaqah terdiri atas 5-6 orang siswa dengan didampingi 1 tutor.

Materi yang diberikan kepada siswa merupakan skill aplikatif yang nantinya tidak hanya mereka pahami, tetapi juga bisa mereka gunakan dalam perlombaan atau kegiatan-kegiatan yang lainnya.

Dari keenam halaqoh yang dibentuk, materi-materi yang diberikan per halaqah dengan dampingan tutor adalah sebagai berikut:

Halaqah 1 belajar MC Bahasa Arab

Halaqah 2 belajar khitobah (pidato) Bahasa Arab

Halaqah 3 belajar qiraatul khabar (baca berita).

Halaqah 4 belajar qiraatul hikayat (baca cerita)

Halaqah 5 belajar qiraatussyi'ir (baca syair/puisi).

Halaqah 6 belajar masrahiyyah qashirah (drama pendek).

Ibu Nur Maya Badriatul Jamroh, M. Pd. menyampaikan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan cinta berbahasa Arab dengan cara yang menyenangkan, tidak membosankan dan menghilangkan mindset bahwa bahasa arab sangat sulit dipelajari.

Beliau juga berharap kedepannya setelah pelaksanaan kegiatan ini, teman-teman santri Raudhatutthalabah bisa menduplikasi cara menyusun acara untuk even even kegiatan pesantren, yang bisa dikemas dengan menggunakan bahasa arab.

Untuk para tutor harapannya adalah, semoga kegiatan seperti ini bisa dijadikan ajang belajar sebelum benar-benar terjun di masyarakat, untuk mengamalkan ilmunya kelak.(hsm)

Share:

Popular Posts

Total Pengunjung